PELATIHANArtikel Forum HRD Indonesia

Kiat untuk Mempersiapkan Diri Terjun ke Dunia Kerja

Kiat untuk Mempersiapkan Diri Terjun ke Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja tentu harus memiliki kesiapan, baik secara fisik maupun juga secara mental. Karena bekerja bukan hanya soal bergelut di bidang yang telah dipelajari sebelumnya di sekolah menengah atas, kejuruan maupun juga perguruan tinggi. Khususnya bagi mereka yang barus saja menempuh dan lulus dari sekolah, pastinya akan memiliki banyak pertanyaan. Misalnya saja tentang apa yang harus dilakukan, bekerja atau berkarir di mana, apa yang harus dipersiapkan hingga soal kompetensi yang dimiliki.

Mempersiapkan Diri Terjun ke Dunia Kerja

Persiapan memasuki dunia kerja, bahkan saat sebelum itu dimulai mungkin akan menjadi hal yang membingungan, khususnya bagi mereka yang baru saja lulus sekolah. Terlebih lagi jika memasuki dunia kerja merupakan kali pertamanya. Sehingga hal yang harus disiapkan khususnya mereka yang baru saja lulus untuk dapat memasuki dunia kerja yaitu;

  • Ketahui informasi perusahaan; yang sebenarnya harus dilakukan sejauh mungkin, sebelum benar-benar melamar ke perusahaan tersebut. Hingga akhirnya mendapatkan panggilan dan menerima tawaran atau menjadi salah satu yang lolos untuk seleksi sebagai karyawan. Kenyamanan merupakan kaitan yang dibahas di bagian ini, khususnya saat telah menjadi seorang karyawan dan bekerja di perusahaan tersebut. Mulai dari informasi kredibilitas hingga kebiasaan dan juga fasilitas yang nantinya tersedia untuk karyawan.
  • Melengkapi dokumen; yang merupakan perlengkapan untuk lamaran pekerjaan. Dokumen tersebut tentunya harus sesuai dengan yang telah diminta sebagai persyaratan untuk melamar ke perusahaan tersebut. Jika perlu, menyiapkan buku kecil untuk mencatat poin penting tiap kali bekerja ataupun untuk persiapan dalam melaksanakan tugas dari atasan.
  • Persiapkan pakaian untuk kerja; adalah salah satu perlengkapan saat akan memulai karir bekerja. Pakaian yang cocok untuk bekerja adalah pakaian yang tepat dengan pekerjaan yang dilakukan. Sekalipun pekerjaan tersebut terbilang santai misalnya, namun tetap harus memiliki etika sebagai cerminan dari karakter dan juga kepribadian.
  • Memiliki istirahat yang cukup; karena bekerja artinya membutuhkan energi yang banyak dalam melakukan segala aktifitas atau kegiatan yang berkaitan dengan tugas pekerjaan. Jangan sampai sebelum memasuki dunia kerja, atau saat telah mulai bekerja, tubuh tidak siap karena kurang beristirahat. Contohnya saja tidak cukup tidur atau tidak tepat waktu di jam tidur. Hari pertama bekerja tidak akan menjadi maksimal jika istirahat tidak dilakukan dengan cukup.
  • Mengatur rencana pertemuan; seperti halnya pertemuan dengan seseorang, teman, ataupun rencana liburan dengan keluarga misalnya. Tentu harus dilakukan penjadwalan ulang, terlebih jika berbenturan dengan waktu kerja yang masih dalam bagian percobaan. Umumnya perusahaan akan menilai masa tersebut untuk menjadi seorang pekerja tetap ke depannya.

Hal lain yang menjadi bagian penting saat memasuki dunia kerja yaitu memiliki kepercayaan diri. Pastinya kepercayaan diri akan timbul dengan sendirinya saat memiliki kemampuan dalam bidangnya.