PELATIHANArtikel Forum HRD Indonesia

Ketahui Langkah yang Harus Disiapkan saat akan Wawancara Kerja

Ketahui Langkah yang Harus Disiapkan saat akan Wawancara Kerja

Wawancara kerja menjadi momen terpenting bagi para calon karyawan, terutama bagi yang baru saja akan mulai memasuki dunia kerja. Saat menerima panggilan untuk melakukan wawancara kerja, tentunya akan sangat mengejutkan. Selain itu juga, wawancara menjadi tahapan paling penting yang menentukan diterima atau tidaknya seseorang di satu perusahaan atau tempat kerja manapun.

Tips Wawancara Kerja

Mendengar kata wawancara mungkin bagi sebagian orang akan terdengar sederhana atau mungkin juga terbayangkan hanya sekedar tanya jawab saja. Padahal, momen penting ini harus dilewati dengan persiapan yang matang. Hal yang harus dilakukan saat akan menghadapi wawancara untuk kerja yaitu bisa dilakukan dengan cara berikut ini;

  1. Lengkapi pengetahuan serta informasi dengan mencarinya sebanyak mungkin. Terutama mengenai perusahaan yang telah menjadi incaran, terlebih jika telah memberikan panggilan untuk melakukan wawancara kerja. Sehingga hal yang terpenting akan didapatkan, yaitu menyesuaikan antara kemampuan pribadi dengan bidang yang diminati dalam pekerjaan tersebut. Baik mengenai produk maupun juga pelayanan, sehingga dengan banyaknya pengetahuan yang dimiliki akan menimbulkan rasa percaya diri saat menjawab pertanyaan.
  2. Menjawab pertanyaan saat wawancara kerja dengan waktu yang tidak melewati enam puluh detik. Dengan kata lain, membuat ringkasan jawaban yang tepat dan juga cepat. Sehingga jawaban juga tetap mudah untuk dipahami arah dan tujuannya. Jawaban yang berputar hanya akan membuat pihak pewawancara menjadi bosan dan kehilangan minat untuk mempekerjakan.
  3. Cermati setiap pertanyaan dari pewawancara dengan sebaik mungkin. Jika tidak paham dengan pertanyaan yang diberikan, maka menanyakan kembali apa maksud dari pertanyaan tersebut tidaklah salah. Namun tetap usahakan untuk memperhatikan dengan sebaik mungkin.
  4. Refleksi percaya diri saat sedang diwawancara bukan hanya menjawab segala pertanyaan yang diajukan. Akan tetapi juga bahasa tubuh dan pandangan mata. Oleh karena itu, tidak menghindari kontak mata dengan pewawancara merupakan ciri dari ketertarikan dengan subjek atau pertanyaan yang diberikan. Dan juga ciri dari antusiasme pada materi dalam proses wawancara tersebut.
  5. Usahakan untuk tidak terpaku pada data-data yang telah dicantumkan pada surat lamaran atau CV. Ceritakan mulai dari prestasi maupun juga penghargaan hingga kegiatan yang di ikuti yang tentunya bisa memberikan dukungan untuk karir atau pekerjaan tersebut. Karena terkadang pewawancara juga menunggu atau membutuhkan informasi lain daripada yang hanya tercatum pada CV yang diberikan.
  6. Bukan hanya jawaban dan juga sikap yang dibutuhkan saat sedang dalam proses wawacara. Akan tetapi penampilan juga menjadi bagian dari penilaian dari pewawancara. Setiap perusahaan pastinya akan memberikan dresscodesaat menginformasikan akan adanya wawancara kerja. Sehingga harus dipatuhi apakah formal atau kasual. Jangan anggap sepele meskipun soal penampilan atau pakaian.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan wawancara kerja agar lebih matang. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih saat proses wawancara berakhir.