PELATIHANArtikel Forum HRD Indonesia

Kenali 5 Jenis Test Psikologi Ini Saat Dipanggil Tes

Kenali 5 Jenis Test Psikologi Ini Saat Dipanggil Tes

Sebuah hal yang lumrah ketika seorang jobseeker perlu menyelesaikan beberapa jenis tes psikologi sebelum dinyatakan lolos dan diterima bekerja sebagai seorang karyawan sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa jenis tes psikologi yang sering bisa dijumpai dalam tes penerimaan pegawai dan tips untuk lolos selama pengerjaan.

tes psikologi

DAP
Tes DAP (draw a person) adalah sebuah tes dimana peserta boleh menggambarkan seorang manusia dengan kondisi dan jenis kelamin apapun. Tes ini akan menggambarkan orang seperti apa calon karyawan yang bersangkutan dan karakter apa yang khas dalam dirinya. Saat kamu melalui tes yang sama, pikirkan konsep serupa seperti jenis pekerjaan yang ingin dilamar dari perusahaan bersangkutan, misalnya saja gambar seorang manusia yang berpakaian dan melakukan pekerjaan administratif untuk pekerjaan administratif dan lainnya.

BAUM
Dalam tes BAUM (the tree test), kamu akan dilarang menggambar perdu atau tumbuhan tertentu dan agar berhasil dalam pengerjaannya, ada beberapa hal detail yang harus dipikirkan, seperti:

  • Proporsi ukuran pohon, dimana penggambarnya harus menyesuaikan ukuran batang, daun, dan akar pohon yang digambar. Makin proporsional gambar yang dihasilkan, makin tinggi pula skor yang diraih.
  • Pola goresan atau bentuk garis dari pohon yang digambar. Saat garis yang digambar adalah garis sekali gambar dengan pola garis tebal dan kuat umumnya menunjukkan penggambarnya adalah orang yang ambisius dan memiliki tujuan jelas dalam mencari pekerjaan.
  • Detail gambar pohon, mulai dari detail bentuk daun, bentuk akar, dan komponen lain dalam pohon yang bersangkutan.

WARTEGG
Tes WARTEGG digunakan untuk melihat cara seorang calon karyawan memecahkan masalah, cara adaptasi yang dilakukan setiap masuk ke lingkungan baru, inisiatif, dan daya kreatifitas yang dimiliki. Agar berhasil dalam tes ini, penggambarnya harus tahu pola tanda seperti apa yang perlu digambar dengan benda mati dan tanda mana yang bisa digambar dengan benda hidup.

KRAEPLIN
Tes KRAEPLIN dilakukan dengan menjumlahkan dua angka secara berurutan dalam kolom yang sama. Tes ini mampu menunjukkan daya tahan, motivasi, dan tingkat stress yang dimiliki calon pekerja. Agar mampu berhasil dalam tes ini, ada baiknya jika kamu mencoba latihan di rumah dengan bantuan orang terdekat untuk mengatur waktu latihan. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan stamina, agar pada saat mengerjakan tes, kamu tidak merasa grogi dan panik.

SPM
Test SPM (standard progressive matrices) berguna untuk menunjukkan tingkat kedewasaan dan daya penalaran orang yang mengerjakannya. Hasil tes akan dinyatakan baik saat nilai tes yang dihasilkan masuk dalam grade II. Agar kamu berhasil saat mengerjakan tes ini, latihlah daya imajinasimu dengan banyak melihat gambar abstrak dan gambar yang terbuat dalam bentuk puzzle. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan pola gambar yang dites dalam SPM.