PELATIHANArtikel Forum HRD Indonesia

Karyawan yang Memiliki Pekerjaan Sampingan

Karyawan yang Memiliki Pekerjaan Sampingan

Bekerja menjadi karyawan di sebuah perusahaan pasti harus memiliki tanggung jawab yang wajib untuk dilakukan dan juga diselesaikan. Hal ini sebagai bentuk dari pengabdian sebagai karyawan dari suatu perusahaan tertentu tersebut. Sebagai gantinya, pekerja atau karyawan akan memberikan upah atau gaji yang umumnya diberikan setiap bulan.

Karyawan yang Memiliki Kerja Sampingan

Dunia kerja memang menjadi bagian dari kehidupan manusia untuk mendapatkan penghasilan sebagai cara bertahan hidup. Namun bagi sebagian orang, khususnya pekerja atau karyawan, mengandalkan gaji bulanan mungkin akan kurang. Secara finansial, mungkin banyak kebutuhan-kebutuhan lain yang harus dan juga ingin dipenuhi. Sehingga banyak di antaranya yang juga memilih untuk melakukan pekerjaan sampingan demi menutup kekurangan secara finansial tersebut.

Tentunya, sebuah pekerjaan sampingan yang mendatangkan dan juga memberikan keuntungan. Rata-rata para karyawan atau pekerja perusahaan akan memiliki kerja sampingan yang merupakan bisnis di bidang yang disukai. Misalnya saja berawal dari sebuah hobi yang kemudian berkembang menjadi menghasilkan keuntungan secara finansial.

Dua dari keuntungan yang didapatkan oleh seorang karyawan jika memiliki pekerjaan tambahan selain daripada secara finansial. Yaitu pertama memiliki waktu untuk menggeluti suatu keahlian selain di tempat kerja utama pada pekerjaan sampingan tersebut. Kemudian yang kedua adalah dapat memberikan pembelajaran terutama dalam soal mengelola keuangan sehingga dapat mengaturnya menjadi lebih baik lagi.

Karyawan yang Memiliki Kerja Sampingan

Dengan kata lain, seorang karyawan yang jika memiliki kerja sampingan khususnya yang dapat dilakukan di waktu luang memiliki peluang lebih besar untuk dapat menyimpan uang. Sehingga dalam mengelola uang pun menjadi lebih teratur. Karena dapat menabung dari tambahan penghasilan tersebut.

Selain itu juga, saat bekerja di kantor mungkin posisi yang dimiliki adalah seorang karyawan. Itu artinya mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan bagiannya dan memiliki atasan atau bos yang ada pada perusahaan tersebut. Namun hal itu akan berlainan saat memiliki kerja atau usaha sampingan. Karena yang memimpin dan yang menjadi bos tidak lain adalah diri sendiri. Baik dalam memimpin maupun juga mengatur segala hal yang berkaitan dari perusahaan kecil sebagai tempat kerja sampingan tersebut.

Pengalaman dalam bekerja juga akan bertambah seiring dengan melakukan kerja sampingan yang dimiliki tersebut. Bahkan mungkin juga jika sebelumnya telah memiliki kerja sampingan yang kemudian dapat menjadi sebuah resume yang dapat dicantumkan saat harus memasuki dunia kerja sebagai pengalaman. Manajemen yang baik merupakan hal penting sekalipun perusahaan yang dijalankan sebagai kerja sampingan tersebut tergolong kecil.

Beberapa orang, khususnya mereka yang telah menjadi seorang karyawan bisa jadi menganggap memiliki kerja sampingan merupakan hal yang melelahkan. Terlebih setelah melakukan banyak tugas di kantor, tentunya akan sulit untuk kembali melakukan sesuatu saat ada di rumah. Oleh karena itu, memiliki kerja sampingan juga harus dilakukan secara tepat dan teratur. Namun yang pasti adalah kerja sampingan tersebut harus benar-benar merupakan bagian dari ketertarikan ataupun hobi yang dimiliki agar nantinya menjadi kegiatan yang membahagiakan dan juga menghasilkan secara finansial.